5 Inspirasi Gaya Mix And Match Hijab Di Bulan Ramadhan

Pasti selama bulan Ramadhan ini, Sahabat disibukkan dengan berbagai macam kegiatan bersama keluarga dan teman-teman sebaya. Entah acara buka bersama, bakti sosial dan juga sahur bersama. Berikut ini ada 5 inspirasi gaya yang bisa sahabat jadikan referensi untuk bergaya saat menghadiri acara selama bulan puasa.

See More »

Anda berada disini: Beranda / FYI Sahabat

5 Cara Untuk Mempromosikan Indonesia Secara Positif di Luar Negeri

FYI Sahabat | 0 Komentar

Usia remaja seperti Sahabat Cewek saat ini memang jadi masa yang menyenangkan, karena penuh dengan hal-hal baru yang menarik untuk dieksplorasi, mulai dari hobi, fesyen, kecantikan, selera musik, hingga seni. Semua itu bertujuan untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan diri secara positif. Namun sayangnya, belakangan ini banyak figur populer yang justru memberikan contoh kurang baik untuk remaja, bahkan dengan bangganya menampilkan citra negatif tersebut ke dunia luar. Ih, nggak banget, deh! Untuk diri sendiri saja menampilkan citra yang negatif, bagaimana mau jadi anak bangsa yang berkontribusi positif?

Nggak perlu jadi orang berpengaruh dulu, tapi pernah nggak sih Sahabat terpikir untuk berkontribusi untuk Indonesia secara positif dengan cara-cara sederhana? Nih, beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan Indonesia menjadi bangsa yang bercitra positif.

1. Punya kesempatan pergi ke luar negeri? Jangan Cuma selfie dan Hura-Hura!

Selfie itu jadi wajib hukumnya belakangan ini untuk mengabadikan setiap momen, salah satunya saat kita pergi ke tempat seru, misalnya jalan-jalan ke luar negeri. Siapa yang nggak senang, iya nggak sih? Tapi coba deh, selain selfie, berbelanja, dan kegiatan has liburan lainnya, kamu bisa lho bertukar barang-barang khas Indonesia; kartu pos, CD music dari musisi-musisi tanah air yang kamu rekomendasikan banget, kerajinan, aksesoris, dan masih banyak lagi, lalu memberikannya ke orang-orang di negara yang kamu kunjungi tersebut. Bisa ke tour guide, karyawan hotel, kenalan kamu, bahkan orang asing yang kamu temui secara acak di jalan!

2. Makan Bareng, yuk?

Kalau Sahabat justru punya kesempatan tinggal di luar negeri, untuk pertukaran pelajar misalnya, bisa lho promosi makanan-makanan Indonesia yang enak-enak itu ke teman-teman kamu saat makan siang atau piknik bareng! Kamu bisa memberikannya langsung, atau bertukar dengan teman kamu tersebut untuk saling tahu rasa masakan dari beberapa negara. Seru!

3. Pintar & Cerdas

Eits, pintar dan cerdas bukan melulu kamu harus jago pelajaran yang rumit, kok! Pintar dan cerdas bisa kamu dapatkan dengan banyak membaca, menonton, menyaksikan, hal-hal yang positif, biar kalau diajak ngobrol nyambung untuk bertukar pikiran. Selain itu, kalau kamu berbakat di bidang menyanyi, menari, melukis, dan lain-lain, itu bisa kamu andalkan untuk menunjukan bahwa remaja Indonesia itu berbakat dalam banyak hal.

4. Melalui Pakaian Yang Kamu Pakai

Tahu dong gimana kayanya Indonesia dengan ragam motif tenunnya atau aksesorisnya yang bagus-bagus? Atau kalau kamu lebih suka yang modern dan punya brand buatan anak negeri yang jadi favorit? Tunjukkan bangganya kamu tersebut dengan mengenakannya sebagai aksen atau yang menjadi unsur utama pada pakaian atau aksesoris yang kamu kenakan. Kalau teman kamu ada yang bertanya, “Baju yang kamu pakai lucu, beli di mana? Aku mau punya juga, deh!”, langsung deh kamu promosikan. Hehehe.

5. Bersikap Baik di Negeri Orang

Nggak perlu berkoar-koar kalau “Indonesia is a beautiful country!”. Nggak penting! Yang paling penting adalah ketika kamu berkunjung ke negara lain, kamu bersikap baik dengan menghormati budaya setempat. Attitude is number 1! Kamu harus ramah namun harus ikhlas lho ya, mematuhi aturan yang berlaku, dan juga jujur. Karena secara tidak langsung membawa image tentang orang Indonesia di mata masyarakat negara lain. Nggak mau dong orang dari negara kita dikenal karena suka menyerobot antrian? Tapi Sahabat harus janji, kalau perilaku kamu tetap baik di mana pun, kapan pun, dan kepada siapa pun, ya!

Nah, mudah bukan untuk mempromosikan Indonesia di luar negeri? Pasti bangga dong, kalau Indonesia dikenal karena orang-orangnya berkualitas, yang semoga menjadi modal untuk Indonesia lebih baik. (DAM)

Komentar :


Nama
Email
Komentar

Media Sosial

Ikuti kami

Tentang Kami

Komentar Terbaru

Wah...
Nama: Hani di Ayo Belajar Public Speaking!

Penasaran...
Nama: Tuty Queen di Vino G Bastian Jadi Sosok “Family Man”

Apakah...
Nama: Zoey Anderson di Jangan Jadi “Penyakitan” di Usia Produktif Akibat Rokok

Hubungi Kami